5
(1)

GridOto.com – Bicara soal perawatan mobilbearing atau yang biasa disebut dengan laher merupakan salah satu komponen yang wajib diperhatikan kondisinya. Untuk diketahui, bearing merupakan komponen mesin yang berfungsi sebagai bantalan pada kaki-kaki. Komponen ini mengurangi gesekan pada poros atau as roda.

Dengan adanya bearing, mobil dapat bergerak dengan mudah dan tarikan pedal gas terasa lebih ringan. Sayangnya, pemilik kendaraan sering menyepelekan perawatan bearing. Padahal, kerusakan pada komponen ini bisa membuat pemilik kendaraan harus merogoh kocek yang tidak sedikit.

Nah, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga agar bearing mobil tetap awet. Berikut tips-tipsnya.

1. Pastikan pemasangan bearing sudah tepat

Ketika melakukan pergantian, bearing harus dipasang dengan tepat agar dapat bekerja secara optimal. Pasalnya, jika tidak dipasang dengan benar maka dapat mempengaruhi umur pakai dari bearing itu sendiri.

Pemasangan bearing juga disarankan menggunakan bearing tools kit dan hindari memukul bearing menggunakan palu karena dapat merusak bearing.

2. Jangan menerabas jalan rusak atau berlubang dengan kecepatan tinggi

Anda sebaiknya berhati-hati saat melewati jalan rusak atau berlubang. Hindari menerabas jalanan tersebut dengan kecepatan tinggi, sebab perilaku berkendara seperti itu dapat membuat bearing cepat rusak.

Semakin tinggi kecepatan mobil, semakin besar getaran dan gesekan yang diterima oleh bearing. Kebiasaan ngebut di kontur jalanan yang tidak rata juga dapat membuat roda cepat aus.

3. Hindari melewati genangan air

Selanjutnya, Anda juga sebaiknya menghindari jalanan yang tergenang air. Apalagi jika tinggi air melebihi poros tengah ban. Pasalnya, genangan air yang masuk dan mengenai bearing dapat menyebabkan karat.

Namun, jika mobil sudah terlanjur menerabas banjir, sebaiknya Anda segera memeriksakan kondisi mobil ke bengkel untuk memastikan kondisi kaki-kaki terutama bearing dalam kondisi aman.

4. Lakukan perawatan secara berkala

Sama dengan komponen mesin lainnya, bearing juga membutuhkan perawatan berkala. Anda dapat melakukan perawatan overhaul bearing setiap mobil mencapai jarak tempuh 50.000 kilometer (km).

Namun, ada juga beberapa faktor yang membuat bearing mobil harus segera diganti, meski belum mencapai jarak tempuh yang ditentukan. Misalnya, ketika terdengar suara dengung atau gemuruh pada bagian roda saat mobil dipacu dengan kecepatan 40 km per jam maupun lebih, atau ada bunyi yang tidak biasa saat pedal kopling diinjak. Ini menandakan ada kerusakan pada bearing roda atau release bearing (drag laher).

Itulah beberapa tips untuk merawat bearing mobil agar tetap awet.

Saat ini, Anda dapat menemukan bearing orisinal dari berbagai merek di pasaran, salah satunya JTEKT Bearing. Merek yang didistribusikan oleh PT Ika Wira Niaga ini merupakan salah satu yang memiliki pangsa pasar besar di Indonesia.

Sebagai informasi, nama merek JTEKT Bearing dulunya adalah KOYO Bearing yang sudah dikenal sejak lebih dari 100 tahun yang lalu. Pada April 2022, JTEKT Corporation memutuskan untuk melakukan alih nama dari merek KOYO Bearing ke JTEKT Bearing guna mendorong pertumbuhan bisnis perusahaan.

Meski demikian, Marketing Manager PT Ika Wira Niaga Reinhard W. S meyakinkan konsumen bahwa produk dan layanan JTEKT Bearing tidak berubah dan tetap terjamin kualitasnya.

“JTEKT Corporation berfokus dan berkomitmen untuk memberikan produk dan solusi berkualitas tinggi kepada para kliennya. JTEKT juga telah memiliki sertifikasi sistem manajemen mutu ISO TS 16949 di semua fasilitas manufaktur dan penjualan semua produknya ,” kata Reinhard melalui keterangan tertulis, Senin (21/11/2022).JTEKT Bearing berada di bawah naungan JTEKT Corporation, yaitu perusahaan otomotif asal Jepang yang merupakan hasil merger antara Koyo Seiko dan Toyoda Machine Works pada tahun 2006. JTEKT Corporation telah berkomitmen menjadi pemasok global yang mengedepankan kualitas, keandalan, dan layanan pelanggan.

Selain bearing, JTEKT Corporation juga menjadi pemasok global untuk produk-produk power steering, komponen driveline, dan peralatan mesin.

“Dengan menyatukan merek bisnis, kami akan lebih bisa meningkatkan sinergi teknologi, penjualan, dan produksi demi memenuhi permintaan klien. Para pelanggan dapat mengandalkan layanan dan kualitas produk kami yang berkelanjutan di masa depan, serta dapat memegang komitmen kami untuk menjaga hubungan bisnis yang baik dengan mitra kami yang berharga, seperti di masa lalu,” imbuh Reinhard.

Anda dapat memperoleh informasi lebih lanjut dan mendapatkan produk JTEKT Bearing yang asli atau orisinal dengan menghubungi PT Ika Wira Niaga selaku Distributor Resmi dengan mengakses situs web www.ikawiraniaga.com atau akun Instagram @ikawira_bearings.

35 Views

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.